Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ibu





Allah SWT telah mengatakan dalam surat al-isra 'ayat 23 yang berarti:
 "Dan lakukan yang baik untuk ayah dan ayah terbaik Anda Jika salah satu dari keduanya atau orang tua menjadi tua dalam perawatan Anda, maka jangan pernah memberi tahu mereka kata-kata" ah "dan jangan berteriak kepada mereka dan katakan kepada mereka dengan sebuah kata yang mulia. "
Ayat di atas telah menginstruksikan kita bagaimana perilaku kita sebagai anak kepada orang tua kita, terutama jika mereka telah maju. Betapapun sulitnya situasi kita untuk melayani mereka, karena mereka bisa lahir di dunia ini.
Ketika nabi itu hendak bertempur, seorang pemuda mendatangi nabi tersebut dan kemudian berkata, "Wahai Rasulullah, saya ingin pergi bersamamu untuk bertarung" rasul menjawab "apakah kamu masih memiliki seorang ibu?" "Masih seorang rasul," jawabnya, rasul berkata "karena surga ada di bawah telapak tangannya." (HR Ahmad). Dengan kata lain, ini lebih terhormat bagi sang ibu daripada mengikuti jihad di medan perang.
Nabi pernah bertanya kepada seorang teman tentang siapa kita harus menghormati antara ibu atau ayah, sang rasul menjawab "ibumu" setelah itu temannya bertanya lagi "lalu siapakah Rasulullah?" Dia kembali ke "ibumu" sampai dia menjawab tiga kali dengan jawabannya. "Ibumu" dan jawaban keempat "ayahmu".
 Suatu hari seorang siswa bertanya kepada gurunya.
"ustadz apa sebenarnya surga di bawah kaki sang ibu?" "Benar"
Si ustadz menjawab, "Tapi apakah ini surga yang penuh dengan kemarahan?" tanya murid itu "apa yang kamu bicarakan .. kenapa kamu bilang begitu?"

Berbicara tentang ibu .. ibu adalah orang yang paling berharga dalam hidup kita ..
Saat ini sudah berubah .. ibu yang peduli dengan anaknya dianggap marah .. ibu yang bilang ini dianggap kuat .. saat ibu menceritakan semuanya agar kita bisa melakukan semuanya ..

Pada saat ini orang tua terutama dianggap sudah tua dalam segala hal .. "mama udah gak jaman" "membela meujameun mak mak !!" "mamak gausah sok tau !!" dan seterusnya .. begitulah kata anak tersebut kepada sang ibu saat ibunya melakukan kesalahan dalam teknologi .. Demikian juga halnya dengan sepasang ibu yang sudah dianggap sudah tua dalam hal memilih pasangan .. ketika pilihan ibu yang terbaik untuk anaknya. .
ibu tidak pernah tua dalam segala hal ..

"Jadi ibu ustadz tidak benar-benar marah padaku?"
"yaa enggak laah .."
"terima kasih ustadz"

Ibu, mama, mama, ibu, mumi, atau apa pun panggilannya .. mereka akan selalu menjadi yang terbaik dalam hidup kita ..
Mengapa ada pepatah yang mengatakan "Cinta ibu adalah permata emas yang tak berbalas"
karena ibu adalah malaikat tanpa sayap ..

Bekerja: M. Afrizal Aulia

Post a Comment for "Ibu"