Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMBUAT JUDUL TABEL DI EXCEL

CARA MEMBUAT JUDUL TABEL DI EXCEL - Pada kesempatan ini admin akan berbagi tentang cara membuat judul atau menambahkan judul text atau angka pada microsoft office excel. Cara membuat judul pada excel ini hampir semua windows (2007, 2008, 2017, 2019, 2021 dan sebagainya) dapat dapat diterapkan cara atau tutorial yang idhusaini sajikan ini.

CARA MEMBUAT JUDUL TABEL DI EXCEL
Cara membuat judul pada tabel excel | Dok. Idhusaini

Berikut ini kami akan memberikan cara membuat tabel dilengkapi dengan judul dan settingan agar terlihat lebih rapi atau profesional untuk kita, adapun settingan yang kami berikan cara membuat tulisan 2 baris dalam satu kotak excel, cara membuat judul diatas tabel, cara membuat kop judul, cara membuat judul rata tengah di excel, cara membuat judul tabel di excel tidak bergerak, cara membuat tabel di excel dengan mudah, cara membuat judul di excel tetap ada saat di print, cara menengahkan judul di excel dan beberapa cara lainnya yang saya kira sangat diperlukan untuk membuat sebuah tabel dengan baik.

Cara Membuat Tabel Di Excel

Untuk cara atau langkah membuat tabel ini sudah saya bahas pada postingan terdahulu dengan judul persis sama seperti sub heading diatas "cara membuat tabel di excel". Untuk lebih lengkap dapat segera menuju halaman tersebut untuk mempermudah sahabat, lalu untuk menyeting nantinya dapat kembali ke halaman ini "cara membuat judul tabel di excel".

Cara mudah membuat judul tabel di excel

Seperti gambar yang pertama diatas sudah lengkap dengan judul pada  tabelnya, judul itu telah kita seting agar bergeser ke tengah dan sudah ter merge - center (Untuk merge center dapat membaca postingan kami yang lengkap di : Fungsi merge dan  center di excel)supaya kotak tabelnya menyatu  dan padu.

Berikut cara mengaturnya judul tabel excel :
Cara mengatur judul tabel | Dok. idhusaini

  • Blog tabel dari kotak 3 B (Baris 3 kolom b) sampai 3 E (Baris 3 kolom E) atau sebesar mana tabel yang sobat buat.
  • Setelah siap di blog, maka tekan merge & center
  • Lalu tulis judulnya
  • Untuk ubah warna dan posisi silakan atur bagaimana selera anda.

Setelahnya judul anda sudah siap.

Cara Membuat Tulisan 2 Baris Dalam Satu Kotak Excel

Terkadang kita menginginkan space atau ruang yang lebih besar untuk judul atau tulisan didalam tabel kita sehingga membutuhkan 2 baris untuk memperbagus tampilan atau formatnya, maka kita mesti menyeting terlebih dahulu tabel tersebut, berikut caranya :

Langkah setting 2 baris dalam satu kotak excel

  • Blog baris yang ingin disatukan (Blognya termasuk kolom juga bisa sekalian tergantung pada kebutuhan)
  • Lalu tekan merge & center
  • Ok, baris anda telah tersatukan oleh satu ikatan.

Ok baris anda sudah satu kotak oleh merge & center. Selanjutnya kadang anda butuh pengaturan judul supaya berada di tengah - tengah, maka simak subheading dibawah.

Cara Membuat Judul Rata Tengah Di Excel

Membuat judul rata ketengah sangatlah banyak kita lihat pada penerapan judul dalam kotak excel, maka olehnya kita harus mempelajari bagaimana itu diatur, supaya sekali jalan dalam belajar mengatur posisi tulisan, anda dapat membaca postingan saya sebelumnya yang membahas tata cara mengatur tulisan pada MS Office Excel dengan judul postingan  "Fungsi alignment pada microsoft excel". Untuk cara mengatur ditengah silakan simak cara dibawah ini :

Langkah membuat judul rata ketengah :

  • Pertama tekan kotak yang ada judulnya (Judul yang ingin di ratakan ketengah)
  • Lalu tekan center (Padukan juga dengan Bottom Align)
  • Ok, siap tulisan anda sudah ketengah.

Foto dibawah ini sedikit membuat anda lebih paham dalam penerapan atau pengenalan menu yang dipakai untuk menyeting judul agar rata ketengah.

CARA MEMBUAT JUDUL TABEL DI EXCEL
Langkah membuat rata judul ke tengah | Dok. idhusaini
Keterangan gambar :

1. Kotak yang merupakan tempat judul itu ditulis (Kotak ini sudah disatukan menggunakan merge & center)

2. Merupakan menu dari Bottom Align

3. Merupakan menu center

Selanjutnya setelah anda siap menyetel judul sedemikian rupa, pasti anda takut jika sewaktu waktu judul itu bergeser sendirinya, maka oleh itu saya akan sedikit membahas tentang kenapa judul itu bergeser, silakan sobat simak subheading dibawah.


Penyebab Judul Excel Bergerak

Banyak diantara kita yang sudah capek - capek mengatur sedemikian rupa format kerja kita, lalu berntakan pas mau print atau pas diperiksa bos, dosen dan laiinya. Tahukah penyebab sebenarnya ?  dan apa yang harus kita lakukan supaya judul tabel di excel kita tidak bergerak, simak tulisan dibawah ini :

1. Beda versi excel (Beda versi ini sangatlah memungkinkan untuk kita kehilangan format kita sebelumnya), untuk mengatasi supaya hal ini tidak terjadi maka kita terlebih dahulu membuat file ini kebeberapa versi saat melakukan penyimpanan.
2. Ayo sobat sebutkan lagi kenapa ini bisa terjadi (Silakan komen dibawah) dan kasih solusinya supaya kita semua bisa.

Cara Membuat Judul Di Excel Tetap Ada Saat Di Print

Sering terjadi terhadap kita permasalahan judulnya tidak sesuai format awal ketika kita prin, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor diatas (Beda versi), kemudian kita tidak terlebih dahulu menyeting print (Set Print) ketika di print dan beberapa penyebab lainnya. Untuk mengatasi hal seperti ini terjadi, maka dapat melakukan beberapa pencegahan atau cara sebagai berikut :

Langkah membuat format excel kita sesuai dengan settingan pertama :

  1. Ubah dahulu lembaran excel yang ingin di print
  2. Setting print anda terlebih dahulu

Mudah bukan ?

Selanjutnya ini merupakan sebuah contoh format tabel excel yang saya saya upload ke converter supaya dapat di upload di halaman blog :

Pencarian Pemirsa Di Google Mengenai Pembuatan Tabel Excel
No Nama Pencarian Untuk
1 Pemirsa 1 Cara membuat tulisan 2 baris dalam satu kotak excel Microsoft Excel
2 Pemirsa 2 Cara membuat judul diatas tabel Microsoft Excel
4 Pemirsa 4 Cara membuat kop judul di excel Microsoft Excel
5 Pemirsa 5 Cara membuat judul rata tengah di excel Microsoft Excel
6 Pemirsa 6 Cara membuat judul tabel di excel tidak bergerak Microsoft Excel
7 Pemirsa 7 Cara membuat tabel di excel dengan mudah Microsoft Excel
8 Pemirsa 8 Cara membuat judul di excel tetap ada saat di print Microsoft Excel
9 Pemirsa 9 Cara menengahkan judul di excel Microsoft Excel

Itulah tabel yang mimin bilang hasil dari conversi menggunakan tablesgenerator, mungkin ada diantara sahabat yang harus mengupload tabel sebagai tugas kuliah dan tidak dibenarkan menggunakan foto, melaikan tabel yang terbuat langsung melalui web. Membahas tugas kuliah kami juga menyediakan jasa pembuatan blog untuk tugas kuliah harga anak kuliahan, silakan jika berminat klik disini untuk info lengkapnya "Buat Blog Tugas Kuliah".

Semoga info yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian yang sedang mencari cara atau llmu di dunia internet. Salam Hangat :)

Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami yang berjudul : CARA MEMBUAT JUDUL TABEL DI EXCEL, semoga dapat berguna bagi sobat sekalian. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya, namun jika ada dianatara para pembaca yang ingin memberikan ide, saran, komentar, tambahan mengenai artikel, informasi dan lain sebagainya dengan tujuan supaya halaman idhusaini.com terus berkembang dapat meninggalkan komentar dibawah atau dapat melalui email ke alamat : sharelaju@gmail.com atau menghubungi kami via Direct Message (DM) ke Ig kami di alamat : idhusainicom.

Post a Comment for "CARA MEMBUAT JUDUL TABEL DI EXCEL"