Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 WISATA MENARIK YANG BISA ANDA KUNJUNGI DI PADANG


Kota Padang merupakan kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera dan juga merupakan ibu kota dari  provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini adalah pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia. Padang merupakan kota inti dari pengembangan wilayah metropolitan Palapa.

Disini terdapat beberapa wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi baik untuk wisatawan local maupun macanegara, berikut beberapa daftar wisata yang terdapat disana :

1. Jam Gadang
Jam Gadang merupakan nama untuk menara jam yang terdapat di pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Menara jam ini mempunyai jam raksasa di empat sisinya dengan diameter masing-masing 80 cm. sehingga dinamakan Jam Gadang, sebutan bahasa Minangkabau yang berarti "jam besar".

sumber : google
Selain sebagai pusat penanda kota Bukittinggi, Jam ini juga telah menjadi objek wisata dengan diperluasnya taman di sekitar menara jam ini. Taman tersebut menjadi ruang interaksi masyarakat baik pada hari kerja maupun pada hari libur. Acara-acara yang sifatnya umum biasanya diselenggarakan di sekitar taman dekat menara jam ini.

2. Pantai Air Manis atau Pantai Aia Manih

Pantai ini  terletak kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat Kota . Lokasinya Berada di belakang Gunung Padang atau tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Pantai ini adalah salah satu tujuan wisata populer yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang kecil, memiliki panoramanya  nan indah di sisi utaran dan legenda Malin Kundang.
sumber : google


Di ujung utara pantai ini terlihat gundukan Gunung Padang dari kejauhan. Di samping itu, terdapat dua pulau kecil yaitu Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang yang berjarak tak seberapa jauh dari pantai ini.


3. Pulau Cubadak



Pulau Cubadak terletak di Kawasan Wisata Mandeh (Mande Resort) kabupaten Pesisir Selatan, provinsi Sumatera Barat, terletak di 40 kilometer sebelah selatan Padang, dan 5 km dari pantai. Luasnya 40 km². Cubadak dapat dicapai dengan kapal dari Pantai Kota Painan Carocok.
sumber : google


Cubadak terdiri dari hutan di mana berbagai jenis satwa hidup. Pulau ini hanya didiami beberapa keluarga nelayan dan dikelilingi batu karang.  Di pulau ini anda bias melakukan diving atau snorkeling.

 4. Museum Adityawarman


Merupakan museum budaya provinsi Sumatera Barat yang terletak di Kota Padang.  Museum ini diresmikan pada 16 Maret 1977 dengan mengambil nama besar salah seorang raja Malayapura pada abad ke-14, Adityawarman yang sezaman dengan Kerajaan Majapahit.  

Konstruksi  Museum dengan  julukan Taman Mini ala Sumatera Barat dikerjakan pada 1974. Bangunan museum ini berada di areal lebih kurang 2,6 hektare dengan luas bangunan sekitar 2.854,8 meter persegi. Peresmian museum ditandai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Syarif Thayeb. Selanjutnya, museum ini diberi nama Museum Negeri Adityawarman Sumatera Barat berdasarkan Surat Keputusan Menteri No.093/0/1979 tanggal 28 Mei 1979.
sumber : google


Sebagai museum budaya, Museum Adityawarman menyimpan dan juga melestarikan benda-benda bersejarah, seperti cagar budaya Minangkabau dan sekitarnya beserta beberapa cagar budaya nasional. Salah satu di antaranya adalah bangunan yang berarsitektur Minang, bernama Rumah Bagonjong atau Baanjuang.



5. Danau Maninjau

Danau ini merupakan danau vulkanik , wisata ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Danau Maninjau merupakan sebuah kaldera dari letusan besar gunung api yang menghamburkan kurang lebih 220-250 km3 material piroklastik. Kaldera tersebut terbentuk karena letusan gunung api strato komposit yang berkembang di zona tektonik sistem Sesar Besar Sumatera yang bernama gunung Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Kaldera Maninjau (34,5 km x 12 km) ditempati oleh sebuah danau yang berukuran 8 km x 16,5 km (132 km2). Dinding kaldera Maninjau mempunyai 459 m dari permukaan danau yang mempunyai kedalaman mencapai 157 m (Verbeek, 1883 dalam Pribadi, A. dkk., 2007).

Danau ini terletak di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.  
sumber : google


Tempat ini sempurna untuk menikmati panorama alam, apalagi ditambah udara sejuk khas pegunungan. Di Puncak lawang terdapat bermacam wahana yang boleh dicoba. Ada tempat outbound hingga menaiki paralayang. Dibawah puncak terdapat kelok berjumlah 44 yang sangat menakjubkan. Di kawasan ini juga banyak warung/kedai dengan langsung menghadap ke danau, sehingga dengan leluasa kita bisa menikmati keindahan danau. Sepanjang kelok Teman Traveler kita juga bisa melihat keindahan persawahan warga yang tersusun  dengan rapi di lereng bukit.












Post a Comment for "5 WISATA MENARIK YANG BISA ANDA KUNJUNGI DI PADANG"