Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGGUNAKAN SUM DI EXCEL

CARA SUM DI EXCEL - Excel merupakan sebuah sofware yang akan memudahkan sebuah pekerjaan, terutama pekerjaan kantoran, sum adalah sebuah rumus yang harus diketahui oleh pengguna excel, karena ini sangat membantu. Berikut admin akan membagikan pengertian dari sum dan juga mengajarkan cara menggunakan sum di excel, semoga bermanfaat :

Sum terdiri dari rumus yang sangat sering digunakan oleh pemakai excel, tanpa kita mengetahui apa itu fungsi sum (sama dengan kita belum bisa excel ). SUM sendiri memiliki fungsi untuk menjumlahkan angka - angka yang terdapat atau yang sobat input (masukkan) di excel, untuk menggunakan sum sobat tidak bisa serta merta hanya dengan menulis sum semata melainkan ada ketentuan - ketentuannya sendiri yang berlaku, seperti diawali dengan perintah = (sama dengan). Berikut adalah cara lengkapnya :

LANGKAH / CARA MENGGUNAKAN SUM DI EXCEL

  • Langkah pertama adalah menentukan angka ditabel yang ingin dijumlahkan
CARA MENGGUNAKAN SUM DI EXCEL
Penempatan kolom hasil sum | Dok. ishusaini

ket : tabel dengan warna adalah target yang ingin dijumlahkan

  • Lalu buat tulisan = (sama dengan) dikolom yang ingin sobat tempatkan hasil sum (hasil pertambahan atau hasil penjumlahan)
CARA MENGGUNAKAN SUM DI EXCEL
Contoh untuk menempatkan  hasil sum | Dok. idhusaini

kolom dengan warna ungu adalah posisi untuk menempatkan hasil penjumlahan atau total dari penambahan.

  • Kemudian  setelah itu sobat tekan tanda ( {tanda kurung} lalu arahkan mouse ke bagian yang ingin dijumlahkan, dalam hal ini kita akan menjumlahkan tabel yang berwarna biru. 

CARA MENGGUNAKAN SUM DI EXCEL
Contoh penggunaan rumus sum | Dok. Husaini

Gbr : cara menjumlahkan di excel dengan sum

Note : untuk contoh yang admin buat adalah langsung bisa sekalian scroll kebawah dari kolom pertama yang ingin dijumlahkan sampai ke bagian akhir yang ingin dijumlahkan. Jika sobat memiliki angka atau kolom yang tidak teratur (angka tidak dalam satu kolom atau satu baris) maka sobat harus klik ke kolom - kolom yang ingin sobat jumlahkan (tidak bisa langsung scrool).

  • Akhiri perintah tersebut dengan cara menekan enter (untuk melihat hasil yang sobat peroleh). Note : untuk tanda ) {tanda kurung} bisa sobat tambahkan atau tidak / terserah sobat.
CARA MENGGUNAKAN SUM DI EXCEL
Gbr : hasil bepnumlahan dengan menggunakan rumus sum
Berikut adalah tambahan untuk sobat , yaitu jika kita menjumlahkan tanpa mengunakan rumus sum (alias menjumlahkan manual dengan + {tanda tambah})
CARA MENGGUNAKAN SUM DI EXCEL
Menggunakan sum secara manual | Dok. Husaini

gambar : cara manual menggunakan + (tambah)

Secara manual ribet bukan ? memang hasilnya sama, akan tetapi alangkah cepat jika kita menggunakan rumus sum. Maka oleh itu sum dan rumus - rumus yang ada di excel lainnya sangant perlu untuk sobat pelajari.

Itulah yang dapat saya bagikan untuk para sobat sekalian, jika ada kesalahan dalam penulisan, kekurangan dari segala hal terutama disaat menjelaskan dan lainnya, admin mohon maaf dengan sebesar - besarnya dan jika ada diantara sobat ingin mengoreksi tulisan admin, memberikan ide, tambahan, komentar, saran dan lainnya bisa dengan cara meninggalkan komentar dibawah atau bisa dengan mengirim pesan via email : sharelaju@gmail.com


Kunjungi juga post kami laiinya :

terimakasih kami ucapkan kepada sobat sekalian yang telah sudi berkunjung ke halaman blog kami, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Doakan admin sehat selalu dan bisa membuat tutorial via video agar bisa langsung menjelaskan dan bisa secara jelas sobat melihatnya.

Post a Comment for "CARA MENGGUNAKAN SUM DI EXCEL"