Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KULIAH ONLINE ATAU TUGAS ONLINE ?

KULIAH ONLINE ATAU TUGAS ONLINE - Wabah corona (Covid - 19)  telah mengubah sistem belajar di Indonesia, yang dulunya kuliah / sekolah secara tatap muka, kini hanya kuliah / sekolah lewat sistem online (media daring) sahaja. Namun efektifkah cara ini untuk kami siswa/i dan mahasiswa/i ?
KULIAH ONLINE ATAU TUGAS ONLINE
Google Classroom salah satu media belajar online

Dalam perjalanannya kuliah atau sekolah online ini tidaklah se efektif kuliah di dunia nyata (tatap muka) dan ini betul fakta dilapangan, buktinya banyak mahasiswa yang bingung atas pengertian atau penjelasan dosen pengajar mereka, mungkin hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan kami atau dosen yang belajar secara tatap muka, sehingga akan terasa berbeda saat kuliah online berlangsung.
KULIAH ONLINE ATAU TUGAS ONLINE
Skype juga merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar online

Namun ada yang lebih parah dari tidak paham materi yang disampaikan oleh pengajar, apa itu ?

Banyak keluhan dari mahasiswa / i yang mengikuti kuliah online, hal itu bisa kita lihat dari story media sosial nya, baik itu story instagram, story wa, story facebook atau bahkan dikasih tau dengan curhat online. Hal yang banyak mereka keluhkan adalah ketidak pahaman terhadap materi yang disampaikan oleh pemateri (dosen), banyak tugas dibandingkan materi atau bahkan tanpa materi, contoh soal sudah main tugas langsung. Hal ini membuat mereka menjadi frustasi sehingga susah tidur, sulit makan, duduk termenung (sedikit lebay sih, namun itu terjadi pada beberapa mahasiswa / i) dan membuat mereka ingin kuliah online ini segera berakhir, agar tugasnya ga terlalu banyak. Dari keluhan ini seharusnya pihak akademisi atau pihak kampus bisa meminimalisir terjadinya hal - hal yang memberatkan mahasiswa / i , karena tidak semua mahasiswa / i itu seperti yang di wacanakan oleh anda.

Kenapa tugas secara online menjadi berat ?

Kuliah online menjadi berat karena tugas nya yang terus berdatangan, padahal yang sudah ada belum siap, materi belum disampaikan semua, contoh soal belum dikasih dan perkara lainnya. Pemberian materi secara offline saja mungkin ada diantara mereka (mahasiswa) kurang paham, apalagi kuliah online. Jika materi saja sudah tidak paham bagaimana dengan menjawab soal atau mengerjakan tugas  ...!

Selain itu tugas besar di beberapa fakultas yang harus ditempuh atau diselesaikan oleh mahasiswa / i untuk bisa lanjut ke tahap selanjutnya atau untuk bisa lulus (syarat kelulusan). Yang menjadi permasalahannya adalah susah untuk bisa berkomunikasi seperti biasanya, ditambah tidak bisa belajar, menyelesaikan tugas secara kelompok atau untuk mendapat arahan, bimbingan seperti biasanya (konsul secara tatap muka), ini merupakan permasalahan yang tidak bisa dianggap remeh juga oleh pihak kampus dan juga mahasiswa. Semoga bagi mahasiswa / i yang mengambil tugas rancangan dikasih waktu tambahan disaat keadaan sudah normal kembali.

Semoga pademi ini cepat berlalu, sehingga kami mendapatkan pelajaran dengan semestinya. Maka oleh itu tetap stay safe #tetapdirumah sobatku sekalian.

Apa pendapat kalian tentang kuliah online ?
Apakah benar lebih banyak tugas atau materinya ?

Ini beberapa pendapat yang saya tanya melalui WA :

Dari Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam disalah satu PTN di Indonesia : "Kalau ditanyak, kuliah online atau tugas online?
jawaban saya, kuliah online. Nah, pasti timbul lagi pertanyaan, kuliah online kenapa banyak tugas? kenapa ga kasi materi? pasti bnyk pertnyaan sprti itu.
kita cukup berfkir positif saja disaat kondisi sedang sperti ini. kuliah online, namun dosen memberikan tugas itu wajar. Disinilah saatnya mahasiswa belajar mandiri. justru dengan adanya tugaslah kita belajar.  kenapa banyak tugasnya? itu kembali lagi kepada dosen, sehrsnya sih jika memang mau memberikan tugas harus menyesuaikan dengan kelas yg ada.

Kita semua hars selalu menanamkan fikiran yg postif. Kalau kelas tatap muka? apakah kita selalu membaca? selalu mncari jurnal jika tdk ad tugas? bisa jd tdk ad..
kemudian jk kelas tatap muka, bisa jd saat dosen memberikan pnjelasnan kita lalai dan sebagainya. nah skrg? saat kuliah online, kita disibukkan dengan tugas, shgga kita dsbukkan dengan lebih memahami materi, membaca, meski terpksa namun postif khan?

kemudian, kalau semua menuntut dosen mengirim materi via daring apakah semua akana mmbaca? apakah semua akan fkus ke grub pasti ad yg sbuk dengan chatingan lain masuk khan?

ayolah coba berfkir postif terhadap sesuatu yg terjadi dengan kita menerima artinya kita meringankan satu beban dari Negara kita...
Karena utk skrg ini keputusan yg terbaik." (tanpa gubahan)

Dari salah satu mahasiswa Teknik : [16:49, 3/27/2020] "Iya bnyak kurangnyaa sihh, cuma itu kelebihan kitaa
[16:49, 3/27/2020] Nun: Tapi, kalo lagi pandemi gini kan, kita cari yang paling memungkin kan
[16:49, 3/27/2020] Nun: Apalagi konsul gedung online, entah gimana tu
[16:49, 3/27/2020] Nun: Langsung aja ga ngerti" (tanpa gubahan)

mana pendapatmu ? Ayo tulis dikolom komentar !!

Note : Postingan ini tidak bermaksud memojokkan yang lainnya (hanya pendapat dan sebatas tulisan saja).

Sekian dari admin, semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan dalam penulisan dan lainnya, admin mohon maaf yang sebesar - besarnya, jika ada diantara saudara / i yang berkenan memperbaiki tulisan atau kata - kata admin bisa dengan cara meninggalkan komentar dibawah atau bisa via emal :sharelaju@gmail.com

Post a Comment for "KULIAH ONLINE ATAU TUGAS ONLINE ?"