Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LAKUKAN 5 LANGKAH INI UNTUK TERHINDAR DARI CORONA (COVID – 19)

LAKUKAN 5 LANGKAH INI UNTUK TERHINDAR DARI CORONA (COVID – 19) – Korona memang telah membuat masyarakat Dunia menjadi ketakutan karenanya, tak terkecuali Negara Kesatuan Republik Indonesia . Kita semua berharap, berdoa dan terus berusaha agar pademi / atau wabah ini cepat hilang di muka bumi ini, untuk itu lakukan 5 langkah ini untuk menghindari atau mencegah dari serangan virus corona :
LAKUKAN 5 LANGKAH INI UNTUK TERHINDAR DARI CORONA (COVID – 19)
sumber : www.kemkes.go.id

1. Gunakanlah Masker
Gunakanlah masker ketika keluar rumah jika kondisi anda sedang pilek / flu, hal ini perlu anda lakukan agar ketika anda bersin tidak menyebar ketempat lain dan ini akan menyelamatkan orang – orang disekitar anda (dianjurkan oleh WHO). Tak hanya itu, gunakan juga masker ketika anda menuju ke keramaian, hal ini bisa anda lakukan untuk menjaga diri dari hal – hal yang tidak anda inginkan.

Meskipun kamu yakin bahwa tidak terjangkit dengan wabah ini (mungkin flu dan penyakit yang tergolong ke dalam suspek lainnya sudah biasa bagi kamu dalam kondisi dan waktu tertentu), tetap gunakan untuk melindungi anda dan orang disekitar

Yang disebutkan menjaga dirimu adalah : ketika kondisi badan kita sedang dalam keadaan kurang sehat, maka imun tubuhpun akan berkurang dan ini akan menjadi factor yang mempermudah virus ini masuk atau menyerang anda, nah ketika sudah memakai masker maka dirimu sudah sedikit terlindungi.

Yang admin maksudkan dengan menjaga orang lain :  karena  kita tidak mengetahui secara pasti apakah kita sudah terjangkit atau tidak, jika tidak mungkin tidaklah begitu besar masalahnya dikarenakan tidak membawa penyakit bagi orang lain (hanya anda terlihat tidak etis ketika situasi seperti ini) dan yang sangat mengkhawatirkan adalah jika anda memang positif, maka ini akan menjadi musibah bagi orang disekitar anda

2. Ganti Pakaian dan Sterilkan Diri
LAKUKAN 5 LANGKAH INI UNTUK TERHINDAR DARI CORONA (COVID – 19)
Sumber : www.covid19.go.id

Gantilah pakaian anda ketika baru pulang dari pasar atau dari tempat ramai (lebih baik tidak keluar jika tidak terlalu penting), hal ini disebabkan oleh cara menyebar virus ini yang sangat cepat dan bisa dibilang exstrim, bisa saja baju yang anda gunakan pergi kepasar sudah ada dia disana (covid – 19), maka oleh itu sebagai pecegahan rendamlah segera baju yang anda pakai untuk belanja atau keluar rumah dengan detergen, selain itu sterilkan juga diri anda dengan cara mandi dengan pakai sabun dan jangan lupa pastikan sudah bersih atau steril.

3. Hindari Kontak Langsung (social Distancing)
LAKUKAN 5 LANGKAH INI UNTUK TERHINDAR DARI CORONA (COVID – 19)
Sumber : Instagram @jokowi

Social distancing ini sangat perlu di lakukan untuk memutus rantai penyebaran wabah ini, arti social distancing sendiri adalah membuat jarak social, membatasi kontak langsung, menghindari keramaian dan sejenisnya. Hal ini diyakini sangat jitu untuk mencegah wabah ini berkembang biak ditubuh manusia.

4. Jaga Kesehatan
Menjaga kesehatan saat pademi harus ditingkatkan, karena hal ini dapat mempengaruhi imun tubuh (agar tidak mudah terserang penyakit). Meningkatkan imun tubuh bisa dengan cara memperbaiki gizi (bisa dengan cara mengkonsumsi makanan sesuai anjuran para medis atau ahli gizi), menjaga lingkungan tempat tinggal agar selalu sehat dan terawatt,  selain itu menjaga diri agar tidak stress juga menjadi salah satu factor untuk menjaga imun tubuh dan beberapa hal laiinya untuk menjaga kesehatan.

5. lebih baik dirumah
Ini merupakan cara paling ampuh yang bisa anda lakukan agar terhindar dari wabah ini, akan tetapi cara ini penuh dengan tantangan, apalagi buat masyarakat ekonomi menengah kebawah. Namun minimalisirkanlah keluar rumah agar anda terlindungi.
LAKUKAN 5 LANGKAH INI UNTUK TERHINDAR DARI CORONA (COVID – 19)
Sumber : www.covid19.go.id

Poin ini juga sangat perlu dilakukan kepada orang yang sudah termasuk kedalam kategori ODP (orang dalam pengawasan), hal ini menyangkut dengan keselamatan orang banyak, tidak terbukti positif meski baru pulang dari kawasan terjangkit (belum tentu negative) karena masa inkubasi virus ini sampai dengan 14 hari lamanya, setelah anda tidak memiliki gejala apapun dalam masa itu maka baru bisa dikatakan anda benar – benar negative.

Poin ini sangat ditekankan baik itu dari instruksi pemerintah pusat maupun daera, dikarenakan ini adalah poin paling efektif.

Pada dasarnya masih banyak hal laiinya yang bisa anda lakukan untuk mencegah atau memutus rantai penyebaran virus ini. Ikutilah referensi dan tips – tips yang dibagikan oleh para tenaga medis, pemerintah dan laiinya (selama hal itu masih bisa diterima akal sehat dan bernilai positif).

Tulisan ini hanya untuk pengingat saja, Jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagaiinya admin mohon maaf, dan jika ada diantara saudara / I yang ingin memperbaiki, mengoreksi, memberi saran dan lain sebagainya bisa dengan cara meninggalkan komentar dibawah atau bisa via email : sharelaju@gmail.com

2 comments for "LAKUKAN 5 LANGKAH INI UNTUK TERHINDAR DARI CORONA (COVID – 19)"