Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TRADISI KHANDURI KANJI DI BULAN SUCI RAMADHAN

TRADISI KHANDURI KANJI DI BULAN SUCI RAMADHAN - Khanduri (sedekah) kanji merupakan sebuah tradisi turun temurun yang dilakukan rutin setiap 1 bulan penuh setiap tahunnya,  yaitu bulan pada bulan Ramadhan. Khanduri kanji sendiri merupakan tradisi khas dari warga Pidie dan Pidie Jaya yang dijadikan sebagai menu berbuka sebagian besar warga disana.
TRADISI KHANDURI KANJI DI BULAN SUCI RAMADHAN
Warga sedang mengolah kanji di dapur umum meunasah Jeulanga Barat, Meunasah Timu ditemani oleh beberapa masyarakat setempat.(foto : Zamzami Al - Azizi) 

Sebelum ramadhan biasanya setiap desa yang menyelenggarakan khanduri kanji, mereka terlebih dahulu membuat musyawarah bersama atau dalam bahasa aceh dikenal dengan sebutan "duek pakat", rapat atau musyawarah ini dilakukan guna mengetahui dan mengatur jadwal khanduri kanji, dikarenakan khanduri kanji ini tidak diwajibkan bagi seluruh rakyat atau masyarakat di dalam pemerintahan desa tersebut, melainkan mereka yang mampu dan mau melakukannya secara Ikhlas. Uniknya, masyarakat yang hidupnya sederhana sekalipun akan berusaha untuk bisa menjadi bagian dari orang yang melakukan khanduri (sedekah) kanji, bahkan ada dari mereka yang menyiapkan dana jauh sebelum ramadhan tiba (dengan menabung).

TRADISI KHANDURI KANJI DI BULAN SUCI RAMADHAN
Zakwannur sedang meracik rempah - rempah yang digunakan untuk memasak kanji di dapur umum meunasah Jeulanga Barat, Meunasah Timu ditemani oleh beberapa warga lainnya. (foto : Husaini) 


Kanji sendiri biasanya dimasak setelah waktu dzuhur, hal ini dilakukan supaya kanji yang dimasak mendapatkan cita rasa yang sempurna dan dapat di bagikan saat sore tiba. Biasanya kanji akan dibagikan oleh pihak yang bertugas  atau orang yang sedekah kanji dihari tersebut.
Beda desa mungkin beda waktu, cara dan penyajian dalam memasak kanji
 Itulah sekilas tentang kanji sebagai tradisi masyarakat Aceh, khususnya Warga Pidie dan Pidie Jaya. Admin ingin tahu nih, masakan spesial atau menu tradisional yang sudah turun temurun yang rutin dilakukan atau dimasak di bulan ramadhan di daerah kalian !!! 

Yok share menu tradisional kalian di bulan ramadhan !!!

Jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya, admin mohon maaf. Dan jika ada diantara sobat sekalian yang ingin memperbaiki, memberi saran, koreksi dan lain sebagainya, bisa dengan cara meninggalkan komentar dibawah atau bisa juga via email : sharelaju@gmail.com




Post a Comment for "TRADISI KHANDURI KANJI DI BULAN SUCI RAMADHAN"