Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGUMPULKAN TUGAS DI GOOGLE CLASSROM

CARA MENYERAHKAN TUGAS DI GOOGLE CLASROOM - Di era pademi ini media untuk menghubungkan guru dan murid sangatlah diperlukan, salah satu media atau platform yang sangat memudahkan pelajar dan guru adalah Google Classrom. Oleh karena itu pada kesempatan ini admin membahas dan membuat tutorial salah satu fungsi google classrom.

cara mengumpulkan tugas di google clasroom
Halaman beranda google classrom | Source Husaini's Class

Fungsi classrom memang sangatlah dibutuhkan oleh siswa maupun mahasiswa untuk menunjang aktifitas belajar mengajar di era corona. Untuk itu kita membahas cara mengumpulakan tugas di google class, semoga bisa membuat pencerahan bagi sahabt semua. Berikut adalah caranya :

  • Hal yang pertama harus anda lakukan adalah memastikan kelas yang ingin anda kirimkan tugas
  • Masuk kelas
  • cari halaman penugasan
  • kemudian jangan lupa pastikan terlebih daulu
  • tekan add or create (+)
  • pilih file (bisa juga dengan cara drug file )
  • kemudian tekan turn in
  • oke file kamu siap terkirimkan
Jika sahabat bingung berikut tutorial berisi gambar agar lebih dipahami :
- cari halaman penugasan
Beranda materi dan tugas | Source Husaini's Class
Nah setelah menemukan halaman penugasan sahabat bisa langsung masuk dan pastikan terlebih dahulu tidak salah halaman dan masuk kelas. Karena bisa fatal saat penilain. 

- tekan add or create (+)

cara menyerahkan tugas di google clasroom
Penambahan tugas | Sumber dokumen Husaini

Setelahnya akan keluar option atau pilihan untuk mengupload file atau data yang ingin dikumpulkan. Pilihlah sesuai dengan penugasan yang telah diberikan oleh dosen. Jika admin sendiri sering menggunakan menu file, karena menu ini bersifat umum, dia dapat digunakan untuk mengirim foto, pdf, word dan lain sebagianya. 

Pilihlah menu sesuai dengan pilihan yang telah ditentukan sebelumnya, ketika sudah memilih maka kita akan di arahkan untuk memilih cara uploud, baik itu dengan cara drag ke menu yang keluar atau memilih browser.

cara mengirimkan tugas di google clasroom
pemilihan cara mengupload file (drag or browser)
Setelah anda siap memilih salah satu cara dan siap dengan menyeleksi file maka setelahnya akan terupload sendiri.

eitsss !!pastikan juga jaringan internet anda stabil

Sekarang kita menuju menu terakhir yaitu submit tugas ke google class.

cara mengumpulkan tugas di google classrom
Menu setelah submit tugas ke google class | Husaini's pc
Setelah submit maka akan keluar tulisan seperti diatas.

Jika dosen atau guru sahabat telah menentukan  batas waktu pengumpulan dan anda telat mengumpulkannya, niscaya akan muncul tulisan seperti dalam kolom merah di atas " turn in late". Pada menu setelah pengumpulan juga terdapat tulisan "unsubmit", maknanya yaitu untuk menarik kembali jawaban yang telah terkirim ke google class.

Setelah mengirim penugasan, cek dulu kebenaran format yang dianjurkan dosen, eits jangan lupa juga untuk cek kebenaran jawaban yang anda kirim ke google class, supaya tidak berabe hasilnya saat dicek dosen. hehehe


Penugasan anda siap !!!!

terimakasih telah berkunjung ke blog kami, semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian. Jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya admin mohon maaf yang sebesar - besarnya.

Bagi sahabat yang ingin mengoreksi tulisan admin, memberi saran, komentar, ide dan lain sebagainya, bisa dengan cara meninggalkan komentar dibawah atau bisa dengan melalui email admin di sharelaju@gmail.com




Post a Comment for "CARA MENGUMPULKAN TUGAS DI GOOGLE CLASSROM"