Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FUNGSI MERGE DAN CENTER DI EXCEL

 FUNGSI MERGE & CENTER DI EXCEL - Microsoft Excel memiliki segudang fungsi yang bermanfaat bagi khalayak ramai yang memudahkan penggunanya dalam bekerja dan belajar. Karena fungsi yang banyak, excel memiliki menu dan rumus yang banyak untuk bisa difungsikan, seperti halnya menu merge & center yang terdapat pada sub menu Aligment.

fungsi merge & center pada excel
Menu merge and center pada sub menu aligment | dok : Husaini
Di menu aligment ini memiliki beberapa sub menu, antara lain adalah menu merge & center, menu ini memiliki fungsi yang penting di excel yakni menggababungkan antara kolom yang satu dengan kolom yang lain. Bukan hanya dua kolom saja yang dapat digabungkan melainkan beberapa kolom semau sobat (batas wajar) .
Berikut adalah contoh cara pemakaian atau cara memfungsikan perintah merge and center :
  • Pada contoh ini admin menggunakan microsoft excel tahun 2010 untuk membuat tutorial merge & center ini : 
  • Hal pertama yang harus sahabat lakukan adalah dengan memilih atau menentukan kolom / baris mana yang ingin sahabat gabung menjadi satu,
  • kemudian blok kolom / baris yang ingin digabung,
  • Lalu tekan tombol menu merge and center,
  • dan anda akan mendapati kolom itu sudah menyatu.
  • sesuaikan tulisan dengan fungsi lainnya 
Adapun cara lengkap menggunakan merge & center full gambar seperti berikut :
  • Menyatukan kolom dengan fungsi ini 
    FUNGSI MERGE DAN CENTER PADA EXCEL
    proses pemilihan kolom dengan diblok | Husaini
    Setelah seleksi kolom / baris yang anda ingin satukan, kemudian blok seperti langkah admin diatas.
  • Kemudian tekan Icon / menu Merge & center pada submenu Aligment 
    FUNGSI MERGE DAN CENTER PADA EXCEL
    menekan menu merge & center untuk menggabungkan | Husaini
    sesudah langkah diatas maka tekan menu yang admin kolom dengan warna kuning, setelahnya lihatlah perubahan pada kolom dengan garis merah yang sudah tergabung, sebagai hasil dari penggabungan,
  • Alhamdulillah sudah siap.
Adapun kasus yang terdapat dalam penggabungan ini adalah, kata yang kita input itu tidak sejajar atau hilang, oleh karenanya harus kita fungsikan atau kombinasikan dengan menu atau tollbar lainnya yang tersedia dengan tujuan agar tulisan atau data kita terlihat lebih sempurna.
FUNGSI MERGE DAN CENTER PADA EXCEL
penggabungna kolom  dan baris | Husaini
Pada kolom orange menunjukkan kolom dan baris yang ingin digabung, kolom kuning adalah menu untuk penggabungan, sedangkan kolom merah adalah kata yang ingin ditampilkan. Kita bisa lihat di kolom orange, tulisannya tidak nampak secara utuh, meski sudah di tekan menu merge & center. Nah langkah yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengkombinasikannya dengan wrap center dan juga menu aligin text.
FUNGSI MERGE DAN CENTER PADA EXCEL
lebih profesional dengan tambahan menu wrap text dan align text | Husaini
Nah untuk lebih menarik lagi, alangkah indahnya jika kita mengatur kata atau data kita dengan toolbar lainnya, yaitu dengan fungsi wrap text dan juga align text seperti yang terdapat pada kolom kuning.

Nah itulah sedikit tutorial yang dapat admin bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semua. Untuk versi video dalam proses.

Terimakasih telah berkunjung ke blog kami, jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya admin mohon maaf. Dan jika ada diantara sahabat sekalian yang ingin memberikan komentar, saran, ide dan lain sebagainya bisa dengan cara meninggalkan komentar dibawah atau bisa juga via email admin di sharelaju@gmail.com





Post a Comment for "FUNGSI MERGE DAN CENTER DI EXCEL"