Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FUNGSI CELLS PADA MICROSOFT EXCEL

 FUNGSI CELLS PADA MICROSOFT EXCEL- Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sedikit informasi seputar microsft ecxel dan juga membagikan sedikit cara mengoperasikannya supaya sempurna sudah saya memberi tahukan fungsi cells lengkap dengan fungsinya.

fungsi cells pada microsoft excel
fungsi cells pada ms excel | istimewa/husaini


Cells sendiri merupakan sebuah sub menu yang terdapat pada MS Excel, fungsinya ini sangat dibutuhkan oleh para estimator maupun pengguna microsoft yang satu ini. Bagaimana tidak, excel sendiri sangat familiar dengan yang namanya tabel, oleh karena itu fungsi cells dan cara penggunaannya perlu kita ketahui agar tidak salah dalam penggunaanya, simak tulisan dibawah ini.

Fungsi dari cell di Microsoft Excel (MS.Excel) adalah untuk pembatu pemberi format atau pengaturan table (tabel) untuk memudahkan pekerjaan kita dalam pengoperasian MS Excel itu sendiri. Dalam sub menu cells pada Microsoft Excel ini terdapat beberapa cabang atau icon yang dapat sahabat fungsikan yaitu :

  • Menu insert : yang terbagi lagi menjadi 4 bagian : Insert cells, insert sheet  rows, insert sheet colums dan insert sheet.
  • Menu Delete : Delate cells, delate sheet  rows, delate sheet colums, delate sheet.
  • Format cell : menu ini bisa dibilang cukup banyak memiliki anakan atau sub menu dari sub menu, yang pertama : Cell size yang terbagi lagi menjadi dua (Row Height, AutoFit Row Heigt, Column width, autofit column width, efault width), Yang kedua Visibility yang memiliki sub menu (hide & unhide), yang ketiga : Organize Sheets yang memiliki sub menu lagi (Rename Sheet, Move or copy sheet, tab color), yang ke empat : Protection yang terbagi lagi kedalam 3 sub menu anatara lain (Protect Sheet, Lock Cell, Format cell)

Adapun fungsi dari 4 sub menu dari cells ini sebagai berikut :

1. Menu Insert.

Insert merupakan sebuah sub menu pada keluarga cells yang familiar digunakan. Fungsi insert sendiri adalah memasukkan atau menambah format, baik itu cell, tabel atau memulai / menambahkan shet baru.

lihat video berikut ini :

Diatas merupakan salah satu video yang menggambarkan sedikit fungsi dari insert ini, terkhusus insert cell. Selain insert cell, masih banyak kok fungsi insert lainnya. Yuk simak beberapa fungsi insert lainnya :
  • Insert cell : seperti diatas
  • Insert Culomn : Jika sahabat mengikuti video diatas maka saat anda klik insert culom akan keluar tambahan kolom yang dimana pertambahannya sama dengan pertambahan cell di insert kolom, hal ini dikarenakan banyaknya kolom yang ditambah sepanjang sell, begitu juga sebaliknya.
  • Insert Sheet : Jika format cell / kolom sudah sahabat klik seperti diatas maka menu ini akan terlihat di urutan paling bawah. Insert Sheet ini berfungsi untuk menambahkan sheet yang baru / halaman yang baru.
Jika sahabat sudah membuat tabel dan ngeklik pada icon insert maka akan ada tambahan icon sub menu di dalamnya saat kita klik, contoh : Shift cells right, Shift cells down, entire row, entire column. Maka pilihlah apa yang sahabat perlukan.
2. Menu Delete
Kata ini tidaklah asing bagi kita, karena sering mengunakannya. Di keluarga insert ini juga terdapat yang namanya delete, fungsinya sama juga dengan artinya yaitu menghapus. Di menu delete ini terdapat beberapa sub menu lagi antara lain Delate cells, delate sheet  rows, delate sheet colums, delate sheet.

Nah simak fungsinya dibawah ini :

  • Delate Cells : Merupakan sebuah perintah sub menu delete yang berfungsi untuk menghapus cell, adapun jika sahabat klik di bagian format kolom tabel yang sudah anda buat, maka akan keluar menu lainnya seperti : Shift cells left, Shift cells up, entire row, entire column
  • Delete sheet  rows : Nah ini berfungsi untuk menghapus satu baris sheet.
  • Delate sheet columns : Berfungsi untuk menghapus satu kolom sheet.
  • Delete sheet : yaitu sebagai menu untuk menghapus satu sheet yang tidak dibutuhkan.
3. Menu Format Cell

Menu ini akan kita bahas di part selanjutnya.

Terimakasih telah berkunjung ke blog kami. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya admin mohon maaf dan jika ada diantar sahabat yang ingin memberikan ide, komentar, kritikan dan lain sebagainya bisa meninggalkan  komentar dibawah atau bisa via email : sharelaju@gmail.com

Post a Comment for "FUNGSI CELLS PADA MICROSOFT EXCEL"