Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HABLUMINANNAS DENGAN EGOIS

HABLUMINANNAS DENGAN EGOIS - Dalam kehidupan ini hampir semua memiliki keterikatan antara satu sama lain, baik itu dalam kegiatan sosial maupun dalam kehidupan pribadi kita, semuanya memiliki feedback yang berbeda - beda tergantung pada apa yang berlaku posisi yang kita hadapi serta keterikatannya.

HABLUMINANNAS DENGAN EGOIS
Hubungan baik dengan sesama | Istimewa


Habluminannas adalah salah satu contoh yang sederhana dalam menceritakan keterikatan hidup dalam sehari - hari. Habluminannas ini sering kita dengar dalam kehidupan kita, baik itu dalam ceramah maupun dalam buku pelajaran, kata ini terkenal dalam islam yang bermakna hubungan baik dengan sesama manusia. Hubungan baik ini harus dibina sehingga kita tentram dalam kehidupan di dunia hingga di akhirat kelak.

Lalu apa hubungannya egois dengan habluminannas ?

Manusia ini lumrah dengan ke egoisannya dengan hanya memikirkan kepentingannya dan tanpa memandang pihak lainnya yang mungkin terganggu oleh tindakannya, bahkan merugikan orang lain. Sebelum kita membahas lebih lanjut, alangkah lebih baik kita membahas terlebih dahulu apa itu defenisi egois. Egoisme adalah sebuah bentuk sifat pada manusia yang hanya ingin mempertahankan serta meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan dirinya sendiri (menguntungkan sebelah pihak).

Egois itu bisa terjadi tanpa kita sadari karena mungkin sudah menjadi kebiasan kita tidak mempedulikan lingkungan disekitar kita, manusia seperti ini biasanya tidak bisa bersosial dengan baik melainkan hanya seperti benalu yang mengganggu dan jika benalu itu dipotong pada suatu pohon, maka dia akan mati lalu dengan sendirinya kita tidak dapat terhubung dengan dia lagi dalam artian putus silaturrahmi (Benalu akut / egois yang tidak bisa ditolerir dan tidak bisa diobati dengan nasehat) dan jenis egois satu lagi bisa dinasehati dan menerima nasehat lama kelamaan dia akan berubah oleh pengaruh sikap lingkungannya.

Kebanyakan dari manusia ini ingin menang sendirinya tanpa peduli atau menganggap persetan dengan orang lain tanpa mempertimbangkan faktor habluminannas yang dapat menolongnya diakhirat kelak atau bahkan sebaliknya.

Dalam sebuah study kasus anak kos yang satu kamar berdua, mereka hidup rukun pada minggu pertama karena saling menjaga dan karakternya belum semua dikeluarkan dikarenakan melihat kondisi terlebih dahulu.Minggu berikutnya mulai bertingkah dan karakternya mulai terlihat dengan sendirinya tanpa disadari, mulai dari melupakan kewajiban bersama dalam hal kebersihan kamar bahkan mulai menumpuk sampah dikamar tidak dibuang (ampas makanannya sendiri), barang berserakan tanpa diurus, kelihatannya memang sepele tapi itu berakibat fatal akan persahabatan anda, meski kawanmu tidak mengungkapkanny, namun dalam hatinya sudah ingin memaki. Bahkan ada yang lebih para lagi yaitu saat barang umum untuk kalian rusak (bahkan dia yang rusak) namun hanya diabaikan olehnya, seraya menunggu turun tanganmu tanpa dibantu sedikitpun "persetan katanya". Hal - hal inilah yang merugikan orang lain bahkan membuatnya sakit hati. Kasus satu lagi yang sering kita lihat di drama anak kos yaitu waktu tidur yang tidak teratur akibat kelalainnya dalam menonton atau bermain video game yang embuat bising lalu mengganggu kawannya hingga berlarut - larut, lau dia tidak dapat tidur dengan baik bahkan harus bergadang oleh karena ulah bodohmu. Ketahuilah belajar diluar waktu wajar saja yang dapat mengganggu waktu istirahat kawanmu (waktu tidak masuk akal lagi untuk di toleransi oleh umum manusia) itu merupakan dzalim juga, karena olehmu itu bisa membuat dia terkena penyakit dan bahkan lebih parah muncul dendam hingga berujung baku hantam juga. 

Bagaimana tanggapanmu tentang kasus diatas ? 

Yok share pengalamanmu dikolom komentar !!!


Lalu apa hubungan egois dan hambluminannas ?

Keduanya memanglah sangat berhubungan, lihat saja jika egoismu mengganggu orang lain maka itu sudah mengganngu hubungan sosialmu dan itulah salah satu habluminannas.

Dosa dengan Allah akan diampunkan dengan meminta ampunan kepadanya dengan mengucapkan "astaqfirullah" dan dengan cara taubat nasuha. Akan tetapi dosa dengan manusia tidak akan pernah terampunkan dengan cara apapun kecuali meminta maaf terlebih dahulu pada pihak yang kita rugikan atau menjadi korban kita. Sampai disini kita sudah bisa memberikan kesimpulan bahwa hubungan sosial ini harus dijaga dengan baik.

Kuy share ceritamu dengan admin dan akan dipos jika itu bermanfaat (email ke : sharelaju@gmail.com)

Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami yang berjudul "HABLUMINANNAS DENGAN EGOIS" Jika ada kesalahan dalam penulisan atau alurnya, admin mohon maaf dan jika ada diantara sahabat yang ingin memberikan saran, komentar, ide dan lain sebagainya bisa dengan meninggalkan komentar dibawah atau dapat melalui email :sharelaju@gmail.com



Post a Comment for "HABLUMINANNAS DENGAN EGOIS"