Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KENDURI KHATAM QURAN DI ACEH

KENDURI KHATAM QURAN DI ACEH - Kenduri atau akrab dengan kata khanduri petamat Qura'n dalam bahasa Aceh merupakan suatu tradisi turun temurun yang dilakukan oleh masyarakat Aceh pada bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan limpahan rahmat. Kenduri ini biasanya dilakukan pada pertengahan atau akhir ramadhan.

Adat kebiasaan turun temurun ini dilakukun masyarakat Pidie dan Pidie Jaya khususnya dimakan dengan sebutan "Khatam Quran / Tamat Quran" adapun masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar menyebutnya "Tammat Daruh" yang berarti kenduri khatam Al - Qura'n, oleh karena dilaksanakan setelah selesai menamatkan / khatam Al - Quran yang dilantunkan setiap malamnya setelah salat tarawih.

KENDURI KHATAM QURAN DI ACEH
Persiapan buka bersama | Dok. Husaini (Capture Video)

Kenduri ini terlaksana setelah putusan masyarakat melalui musyawarah bersama, mulai dari menetapkan tanggal kenduri, membuat list siapa saja yang mampu menyediakan hidangan hingga menentukan jumlah undangan (biasanya satu kampung tetangga).

Di Pidie Jaya tepatnya pada Gampong Jeulanga Barat Meunasah Timu mereka melaksanakan khatam Al - Quran setelah salat asar dilaksanakan, adapun yang melantunkan ayat suci Al - Quran terdiri dari Tgk. Imum, Pak Keuchik, Tuha Peut, tokoh Masyarakat dan perwakilan dari Pemuda gampong. 

Untuk hidangan berbuka pada Iftar itu Masyarakat menyiapkannya dengan sangat antusias sesuai kemampuan mereka, kebanyakan itu setiap rumah menyiapkan menu berbuka yang berbeda beda mulai dari rantangan yang berisi ayam masak aceh, ayam goreng, telur ayam, telur asin dan bermacam menu makanan lainnya yang sangat bervariasi lengkap dengan nasi. Untuk takjil masyarakat juga sangat antusias dalam menyedekahkannya, maka olehnya tidak heran takjil yang dihidangkan sangat bervariasi. Sedangkan untuk minuman biasanya disiapkan oleh para pemuada Gampong.

Untuk persiapan tempat dan tata hidangan biasanya dilakukan oleh pemuda dan diarahkan oleh tokoh masyarakat, mereka mempersiapkan mulai dari pemasangan tenda, pengaturan kursi dan meja, menata menu hidangan dan lain sebagainya hingga acara siap mereka yang bertanggung  jawab.

KENDURI KHATAM QURAN DI ACEH
Pemuda Jeulanga Barat Meunasah Timu | Dok. Pak Muh

Kemeriahan acara kenduri sangatlah terlihat dengan suara anak - anak yang gembira berbuka dengan teman sebayanya dan terlihatnya kekompakan antara para pemuda dan juga masyarakat dalam melaksanakan dan menyukseskan acara ini.

Semoga tradisi baik ini senantiasa dapat diteruskan hingga kapanpun, karena dengan acara ini dapat meningkatka ukhuwah antara sesama dan memberikan pahala untuk setiap warga yang menyumbangkan makanan dan jerihnya untuk berbuka bersama, serta menjadi hikmah bagi mereka yang kurang mampu.

Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami yang berjudul "KENDURI KHATAM QURAN DI ACEH". Semoga bermanfaat, salam hangat :)

Hanya sekian cerita yang sederhana ini admin sampaikan, jika ada yang kurang dan salah dalam penulisan dan lain sebagainya admim mohon maaf dan jika ada diantara sahabat yang ingin memberikan komentar, saran, ide, kritikan dan lain sebagainya yang mengarah kepada kebaikan dan perkembangan blog ini admin persilakan dengan meninggalkan komentar dibawah atau dapat juga dengan email ke : sharelaju@gmail.com | DM ke instagram @idhusaini.com

Post a Comment for "KENDURI KHATAM QURAN DI ACEH"