Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEBERAPA PENTING ASURANSI KESEHATAN

Seberapa penting asuransi kesehatan
RSUD dr Zainoel Abidin | Via Google Earth


SEBERAPA PENTING ASURANSI KESEHATAN  - Kesehatan seseorang tidak ada yang dapat menjaminnya, dikarenakan ini adalah hal yang tidak diduga namun dapat dicegah. Sebagai orang yang sangat menghargai diri sendiri maka akan sangat mementingkan kesehatannya, karena itu adalah hal yang sangat berharga. Kekayaan yang sesungguhanya bukanlah harta yang berlimpah melainkan kesehatan yang senantiasa menghisi hari - harimu.

Oleh karena pentingnya kesehatan, banyak dari kita menjamin kesehatan  dengan asuransi (Insurance). Dengan asuransi kita dapat meminimalkan pengeluaran kita dalam berobat dan dapat membantu kita dalam hal kesehatan. Tidak semua orang memiliki tabungan khusus dana darurat, mungkin karena faktor pendapatan yang kecil, atau faktor lainnya, maka oleh itu asuransi kesehatan adalah hal yang tepat untuk meminimalkan resiko ini. Mari kita simak apa yang dimaksud dengan Asuransi (insurance) :

Asuransi Adalah : 

Asuransi kesehatan merupakan suatu jenis produk asuransi (Insurance) yang secara khusus menjamin atau menanggung biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Manfaat Asuransi

  • Dapat meringankan beban biaya pengobatan yang terbilang tinggi
  • Menjaga keseimbangan kondisi keuangan keluarga
  • Kemudahan dalam mendapatkan akses perawatan Kesehatan
  • Dan manfaat lainnya

Asuransi BPJS Kesehatan

Indonesia memiliki Asuransi bagi rakyatnya dibawah naungan BPJS Kesehatan dibawah kementrian BUMN. Bahkan pemerintah Republik Indonesi mengatur tentang Kesehatan masyarakat Indonesia  dengan peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2013, yakni tentang sanksi bagi masyarakat maupun badan usaha yang tidak memiliki atau mendaftarkan diri menjadi peserta JKN – KIS. Namun jangan khawatir, Pemerintah menanggung biaya kesehatan raykyatnya yang tidak mampu atau tergolong kedalam Fakir, Miskin serta orant yang tidak mampu.

Tingkatan Asuransi BPJS Kesehatan

Berikut saya akan membuat point berisikan informasi mengenai tingkatan FasKes (Fasilitas Kesehatan) berdasarkan kelas Asuransi BPJS, Meliputi : Kelas, iuran, Fasilitas.

1. TINGKATAN FASILITAS KESEHATAN (FASKES TINGKAT 1).
Faskes ini merupakan pengguna yang akan mendapatkan fasilitas yang tinggi di kelas BPJS kesehatan, maklum saja kelas ini membayar iuran perbulan sebesar IDR. 80.000 ;. Fasilitas yang didapatnya berupa kamar inap yang berkapasitas 2 hingga 4 orang dalam 1 kamar dan pasien ini dapat mengupgrade ke Kelas VIP dengan memabayar selisih dari yang ditanggung BPJS Kesehatan.

2. TINGKATAN FASILITAS KESEHATAN (FASKES TINGKAT  2).

Faskes ini merupakan pengguna yang akan mendapatkan fasilitas kelas menengah di kelas BPJS kesehatan, kelas ini membayar iuran sebesar  IDR. 42.500 ;. Fasilitas yang didapatnya dibawah kelas satu berupa kamar inap yang berkapasitas 3 hingga 5 orang dalam 1 kamar dan pasien ini dapat mengupgrade ke Kelas VIP dengan memabayar selisih dari yang ditanggung BPJS Kesehatan.


3. TINGKATAN FASILITAS KESEHATAN (FASKES TINGKAT  3).

Faskes ini merupakan pengguna yang akan mendapatkan fasilitas kelas 3 di BPJS, kelas ini membayar iuran sebesar  IDR. 25.500 ;. Fasilitas yang didapatnya dibawah kelas satu berupa kamar inap yang berkapasitas 4 hingga 6 orang dalam 1 kamar bahkan lebih di beberapa RS (Rumah sakit).  
Itulah sedikit pencerahan tentang Asuransi kesehatan yang dapat kami bahas dan informasikan kepada para pembaca sekalian, semoga dapat bermanfaat. 

Tabel Besaran Iuran BPJS Menurut Kelas

Kelas Iuaran
Faskes kelas 1   Rp. 80.000
Faskes kelas 2   Rp. 42.500
Faskes kelas 3   Rp. 25.000

Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami yang berjudul "SEBERAPA PENTING ASURANSI KESEHATAN ". Jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya admin mohon maaf, namun jika ada diantara sahabat yang ingin memberikan saran, komentar, ide dan lain sebagainya yang bersifat membangun, maka admin persilakan meninggalkan komentar dibawah atau dapat melalui email : sharelaju@gmail.com | Via DM Ig : idhusainicom.


Salam Hangat :) 

Post a Comment for "SEBERAPA PENTING ASURANSI KESEHATAN "