Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KHANDURI BUDAYA LAMTEUBA 2023

Aceh Besar | Khanduri (Kenduri) Budaya Lamteuba atau yang disingkat "KHABULAT" hadir sebagai refleksi semangat mendalam untuk merayakan, melestarikan, memberdayakan dan memajukan kebudayaan Masyarakat Aceh di kemukiman Lamteuba secara khusus. 

Mengenal Budaya dan Adat Lamteuba
Khanduri Budaya Lamteuba 2023 | Labs Aceh Rakitan

Sebagai salah satu kemukiman yang kaya akan sejarah dan tradisi, Lamteuba memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi sebuah destinasi berbasis budaya.

Khanduri, yang biasanya dikaitkan dengan pesta hidangan besar, diinterpretasikan kembali dalam konteks ini menjadi lebih dari sekadar peristiwa kuliner. 

KHABULAT menjadi wahana untuk menghidangkan budaya dengan dimensi yang lebih luas. 

Persembahan ini sekaligus menjadi media untuk menjungkirbalikkan isu yang seakan Lamteuba adalah hanya soal ganja.

Secara Filosofis 

Dalam pandangan yang lebih mendalam dan filosofis; "KHA" adalah kehebatan atau militansi, dan "BULAT" adalah penyatuan kesepakatan, untuk Lamteuba yang posistif dan lebih maju. Maka dari itu, kita akan mencoba memperluas makna tradisi Khanduri dengan menempatkannya sebagai peristiwa atau medium yang menggambarkan keberagaman dan kekayaan budaya Lamteuba. 

Menyelaraskan konsep Khanduri hidup dan Khanduri mati, perayaan ini melibatkan lima rangkaian utama kegiatan: 

  1. Peukan Budaya Lamteuba untuk pemberdayaan ekonomi
  2. Malam Budaya Lamteuba sebagai ruang apresiasi
  3. Sikula Budaya Lamteuba untuk edukasi
  4. Duek Pike Budaya Lamteuba sebagai dokumentasi
  5. Khanduri Adat Lamteuba sebagai perekat silaturrahmi, baik sesama makhluk hidup, alam dan Allah semata.

Secara lebih aktif, Khanduri Budaya Lamteuba 2023 akan mengajak semua pihak untuk bergabung, mengeksplorasi, berkolaborasi, memahami, menjaga dan merayakan kekayaan budaya Lamteuba, demi pemajuan kebudayaan dan masyarakat sebagai pemangkunya. 

Dengan mendekatkan diri pada nilai-nilai tradisional, kami yakin dan sangat berharap perayaan ini tidak hanya menghidupkan semangat kebersamaan, tetapi juga membangkitkan apresiasi yang lebih dalam terhadap warisan budaya lokal. 

Lebih dari itu, kami juga berharap dapat memperkuat ikatan antar warga Lamteuba serta komunitas yang turut berpartisipasi di dalamnya. Budaya tapeuudep, nyang wajeb beutajaga.

Waktu, Tempat dan Kegiatan 

Adapun waktu dan tempat kegiatan yang telah direncakan adalah sebagai berikut: Kemukiman Lamteuba, 23, 24, 25 Desember 2023.

Lokasi Kegiatan Khanduri Budaya

Bentuk Kegiatan / Agenda

Khanduri Budaya Lamteuba yang akan berlangsung selama 3 hari ini akan menghadirkan beberapa rangkaian acara sebagai bentuknya:

1. Uroe Peukan Budaya Lamteuba; 

Uroe Peukan Budaya Lamteuba Akan memamerkan hasil kebudayaan yang masih terdapat di kemukiman Lamteuba dan beberapa bentuk kebudayaan yang telah punah, dengan mendatangkannya dari luar kemukiman atau merekonstruksi kembali berdasarkan data-data yang masih tersedia.

2. Malam Apresiasi Budaya Lamteuba; 

Malam Apresiasi Budaya Lamteuba akan menghadirkan beberapa pentunjukan seni, baik yang ada di Lamteuba maupun di tempat lainnya di Aceh. Selain itu, juga akan dipertunjukan beberapa film karya sineas Aceh yang memiliki korelasi dengan dunia kebudayaan di Aceh. 

3. Uroe Sikula Budaya Lamteuba: 

Uroe Sikula Budaya Lamteuba akan memperkenalkan dan mengajarkan perihal kebudayaan, termasuk penciptaan produk budaya, yang kali ini akan menampilkan ornamen ragam hias Aceh dan penerapannya pada berbagai media. 

Dalam rangkaian ini, ornament Aceh selain diperkenalkan, juga akan diajarkan beberapa teknik membentuk dan penerapannya pada produk. Pesertanya adalah kaum ibu-ibu dan anak-anak SD hingga SMP. 

4. Uroe Duek Pike Budaya Lamteuba; 

Uroe Duek Pike Budaya Lamteuba akan menghadirkan tokoh-tokoh Masyarakat dari 8 Desa dalam kemukiman Lamteuba, baik tokoh laki-laki maupun perempuan, untuk duduk bersama membicarakan budaya Lamteuba

Acara ini berbentuk diskusi terpumpun, yang dipandu oleh akademisi dan direkam secara metodologis oleh beberapa peneliti budaya Lamteuba

5. Uroe Khanduri Budaya Lamteuba: 

Uroe Khanduri Budaya Lamteuba akan menampilkan ritual Khanduri budaya berupa Khanduri “peugleh bijeh”; sebagai bagian dari ritual turun ke sawah. 

Dalam rangkaian ini akan disajikan makanan khas untuk ritual Khanduri Masyarakat Lamteuba untuk disantap bersama masyarakat dari 8 desa di Lamteuba beserta tamu-tamu yang menyaksikan acara ini secara langsung. Khanduri Budaya Lamteuba diadakan sekaligus dengan acara Uroe Duek Pike Budaya Lamteuba. 

Hormat Kami, 

Inisiator Khanduri Budaya Lamteuba

Iskandar, M.Sn

Penutup Husaini Blog

Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami yang berjudul "KHANDURI BUDAYA LAMTEUBA 2023" semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya, namun jika ada diantara sobat yang ingin memberikan ide, saran, komentar dan lainnya dapat meninggalkan komentar dibawah atau dapat melalui email kami : sharelaju@gmail.com

Keyword : Khanduri Budaya, Kenduri Budaya, Desa Lamteuba, Kenduri Blang, Aceh Rakitan, Lamteuba

Post a Comment for "KHANDURI BUDAYA LAMTEUBA 2023"